Kenapa kita doyan NYONTEK?

Apapun itu, kalau cara ujiannya kayak gitu, siapapun kamu, kamu akan bilang “I am absolutely dreading my exams, I hate exams!”.
Bawaan
untuk “harus”mendapatkan nilai BAGUS di setiap mata pelajaran atau
adanya tes2 dadakan membuat pelajar di Indonesia PARNO sama yang namanya
UJIAN, sedangkan di sisi lain, orang tua dan guru selalu menuntut
mereka untuk BELAJAR setiap saat agar mendapatkan nilai bagus.
Pertanyaannya, emang bisa ya memicu semangat belajar anak dengan cara
nakut-nakutin atau menuntut mereka? Kayanya jarang deh orang tua dan
guru yang mikirin “tingkat frustasi” anak ketika mereka di tuntut HARUS
BELAJAR supaya dapet NILAI BAGUS. Apalagi orang tua, mereka hanya tau
angka 8 dan 9 = bukti bahwa anak mereka PINTAR, angka 5 = bukti bahwa
anak mereka BODOH!?. Pada akhirnya paradigma tersebut membentuk anak Indonesia menjadi generasi “tukang ceplak” alias “nyontek sana nyontek sini, ngebet sana
ngebet sini” demi meraihnilai BAGUS. Perasaan takut mendapat nilai
jelek, perasaan takut dimarahin orang tua, perasaan malu di cap BEGO
pada akhirnya mendorong anak2 Indonesia
mengambil jalan pintas. Perlu kita akui, yang namanya BELAJAR itu emang
JENUH!, satu mata pelajaran aja udah capek, apalagi semua pelajaran
yang di tuntut HARUS BAGUS?. Hebatnya, fenomena nyontek dan ngebet tidak
hanya terjadi di kalangan anak2 BEGO di sekolah aja. Anak2 PINTER pun
diem2 menghalalkan nyontek loh. Menurut pengalaman gue sebagai salah
satu anak yang sejak kecil di cap ANAK PINTER di sekolah (hehehe), gue
pun sering jenuh dengan yang namanya BELAJAR, alhasil, mulai SMP kelas
tiga sampe kuliah semester 9, gue udah terbiasa dengan yang namanya
“chatting” pas ujian, nulis kebetan, saling sms-an jawaban, pokoknya
kerja sama deh bareng temen2 gue.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar